Pengaruh Kualitas Produk Fast Fashion Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk fast fashion Shopee
terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik sample yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik
nonprobability sampling, yang mana penentuan samplenya dipilih sesuai dengan kriteria yang
ditentukan oleh penulis. Metode sampling menggunakan metode incidental sampling dimana
pengambilan sample didasarkan pada siapa saja yang ditemui oleh peneliti sesuai dengan kriteria
yang sudah ditentukan peneliti maka akan dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 120 orang ditentukan menggunakan rumus chochran. Kuesioner pada
penelitian ini berjumlah 41 item pernyataan meliputi 24 pernyataan variabel kualitas produk dan
17 pernyataan variabel kepuasan konsumen. Hasil uji validitas konstruk dan uji validitas setara, 4
item pernyataan dinyatakan tidak valid, sehingga kuesioner yang digunakan pada penelitian ini
berjumlah 37 item pernyataan yang diberikan kepada 120 responden. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan perhitungan, nilai R Square
yang diperoleh adalah 0,716 atau 71,6%. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini
menunjukkan adanya pengaruh antara kualitas produk fast fashion Shopee terhadap kepuasan
konsumen karena kualitas produk baik apalagi dalam hal penampilan produk dapat memunculkan
minat konsumen untuk kembali membeli produk fast fashion di Shopee. Kesimpulan ini
berdasarkan hasil variabel dengan nilai indikator tertinggi yaitu indikator penampilan produk pada
variabel kualitas produk dan indikator minat berkunjung kembali pada variabel kepuasan
konsumen.