Efektivitas Konten Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung MALL UKM Cirebon

  • Dian Fitriyana Politeknik Pariwisata Prima Internasional
  • Tia Listiaty Politeknik Pariwisata Prima Internasional
  • M.Farid Ardiansyah Politeknik Pariwisata Prima Internasional
  • Aji Kusumah Ramdhani Politeknik Pariwisata NHI Bandung

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan media sosial Instagram dalam meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke MALL UKM Cirebon. Fakta ini menunjukkan bahwa penggunaan konten kreatif kurang efektif dan promosi yang konsisten melalui Instagram berdampak negatif pada jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Studi menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai platform promosi yang menarik dengan fitur kreatif dapat secara signifikan meningkatkan jumlah pengunjung ke acara. Untuk menarik perhatian audiens dan mendorong peningkatan jumlah pengunjung, konten dan promosi yang konsisten telah terbukti berperan penting .Studi ini menemukan bahwa penggunaan Instagram sebagai alat promosi memiliki dampak yang signifikan terhadap jumlah pengunjung yang datang ke MALL UKM Cirebon. Terbukti bahwa menggunakan fitur Instagram seperti Stories, Reels, dan bekerja sama dengan influencer lokal dapat menarik audiens yang lebih besar. Selain itu, berinteraksi secara langsung dengan followers melalui pesan dan komentar meningkatkan keterlibatan pengunjung potensial. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa konsistensi dan kualitas konten sangat penting untuk promosi yang efektif. Memiliki konten yang informatif, relevan, dan visual yang menarik meningkatkan minat pengunjung dan kehadiran mereka di MALL UKM.

Diterbitkan
2025-07-07