HUBUNGAN KECEMASAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIVITAS ANAK JALANAN DI SEKOLAH MASTER INDONESIA DEPOK

  • Nuril Tazkiyah
  • Sondang Maria J. Silaen
Kata Kunci: Kecenderungan Perilaku Kecenderungan perilaku agresivitas, Kecemasan, Kecerdasan Emosional, HARS, TEIQue-ASF

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan dan kecerdasan emosional
dengan kecenderungan perilaku kecenderungan perilaku agresivitas anak jalanan yang
bersekolah di SMA Master Indonesia Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Populasi panelitian ini adalah anak jalanan di SMA Master yang berjumlah 154.
Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu dengan melihat tabel
Tabel Morgan sehingga diperoleh 108 siswa yang dijadikan sampel. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner skala Likert untuk mengukur kecenderungan perilaku
kecenderungan perilaku agresivitas, skala HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) untuk
mengukur kecemasan, dan skala TEIQue-ASF (Trait Emotional Intelligence Questionnaire-
Adolescent Short Form) untuk mengukur kecerdasan emosional. Data diolah menggunakan
SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara
kecemasan dan kecerdasan emosional dengan Kecenderungan perilaku kecenderungan
perilaku agresivitas anak jalanan di Sekolah Master Indonesia Depok dengan koefisien
korelasi (R) sebesar 0,232 dan P = 0,000 (p< 0,05).

Diterbitkan
2019-11-13