HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN EMPATI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 242 LENTENG AGUNG JAKARTA SELATAN

  • Sitti Iriana Adeleyde Tawaa
  • Sondang Maria J. Silaen
Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Empati, Perilaku Bullying, Siswa, Sekolah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan
empati dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan 3 (tiga) variabel yaitu variabel
bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan empati sedangkan variabel terikat
dalam penelitian ini adalah perilaku bullying. Populasi penelitian ini berjumlah 144 siswa SMPN
negeri 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
random sampling. Sampel di dapatkan sebanyak 103 responden yang terdiri dari kelas 7 dan 8.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS versi 22.0 for windows dengan teknik
bivariate correlation, menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif
antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying dengan koefisien korelasi r = 0,713
dengan p = 0,000 ; p > 0,05, serta tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negaitf
antara empati dengan perilaku bullying dengan koefisien korelasi (r = 0,068 dengan p = 0,000 ; p
> 0,05. Sehingga hipotesa menyatakan tidak ada hubungan kecerdasan emosional dan empati
dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 242 Lenteng Agung Jakarta Selatan.

Diterbitkan
2019-11-13