SENTIMENT ANALYSIS OF USER COMMENTS ON APPLE’S INSTAGRAM POSTS: INVESTIGATING DIGITAL BRAND DISCOURSE IN ENGLISH LANGUAGE

  • Christopher Setiadi Universitas Bunda Mulia
  • Devin Imanuel Senjaya Universitas Bunda Mulia

Abstrak

Apple merupakan salah satu merek teknologi terkemuka dunia asal Amerika Serikat. Berbagai produknya dinikmati secara internasional berkat teknologi canggihnya. Di ranah digital, khususnya media sosial, Apple memiliki akun Instagram sendiri, @apple, yang kerap menampilkan konten unik menggunakan berbagai perangkat. Dalam studi ini, peneliti mengkaji sentimen pengguna Instagram dalam menanggapi produk Apple dan perusahaan itu sendiri. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori analisis sentimen. Sampel sebanyak 500 titik data dianalisis, dengan 258 positif, 83 negatif, dan 162 netral, dari lima unggahan yang diunggah Apple dari tanggal 18 hingga 22 Oktober 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Instagram tetap memberikan tanggapan positif terhadap Apple, baik dari segi produknya maupun dari segi konten yang mereka buat, yang menggunakan produk Apple.

Diterbitkan
2025-11-19