Analisis Framing Tas Luxury Within Reach Melalui Konten TikTok Toko Tas Online Kardo Kaciva

  • Iman Indrati Universitas Bunda Mulia
  • Nicodemus Koli Universitas Bunda Mulia

Abstrak

Fenomena penggunaan media sosial sebagai sarana promosi merek mengalami pergeseran signifikan dengan TikTok sebagai platform yang menonjol berkat kekuatan visual dan naratif. Tujuan penelitian menganalisa framing pesan promosi dengan jualan tas mewah harga terjangkau di akun tas br&ed Kardo Karciva dalam konten video TikTok. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan empat elemen: problem definition, causal interpretation, moral evaluation, dan treatment recommendation. Hasil penelitian menunjukkan; 1) akun TikTok tas online Kardo Kaciva membingkai tas br&ed terjangkau sebagai produk luxury within reach melalui perpaduan visual elegan, bahasa aspiratif, dan performa penjual yang persuasif membangun citra kemewahan, identitas sosial, serta persepsi nilai konsumen dalam konteks pemasaran digital modern, 2) persona penjual membangun kepercayaan, keterlibatan emosional, dan niat beli ulang konsumen dengan kehangatan, profesionalisme, penjual mampu mentransfer kepercayaan diri, menciptakan hubungan sosial bermakna, serta mendorong loyalitas konsumen dalam ekosistem live commerce TikTok. Kabaruan penelitian pada integrasi dan penerapan framing Entman ke ranah live commerce yang memadukan hiburan, interaksi sosial, dan transaksi ekonomi secara realtime. Saran penelitian selanjutnya. menggunakan pendekatan campuran lintas platform dan eksperimen untuk menguji persona penjual dan perilaku konsumen untuk memperkaya pemahaman tentang konstruksi identitas, emosi, dan kepercayaan dalam live commerce

Diterbitkan
2025-11-24