Strategi Pembelajaran Terpadu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Melalui Media Berbasis Web di Era Digital

  • Eka Desy Asgawanti Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
  • Rido Galih Alief Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
  • Angga Priatna Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
  • Imtihan Hanim Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Muhammad Ahya Aulia Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta

Abstrak

Kemajuan teknologi digital telah mengubah pendidikan, sehingga mengharuskan adaptasi strategi pembelajaran bahasa, khususnya penggabungan bahasa Inggris (bahasa global) dan bahasa Indonesia (bahasa nasional). Studi ini mengkaji pentingnya dan efektivitas strategi pembelajaran campuran menggunakan media berbasis web di era digital, khususnya di bidang pendidikan tinggi. Program ini diperlukan untuk mengatasi masalah kurangnya kompetensi dwibahasa dan praktik pembelajaran yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengalaman, persepsi, tantangan, dan peluang yang dimiliki siswa dan guru saat menggunakan strategi ini. Studi ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan fokus pada studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi selektif dan analisis dokumen, yang kemudian dianalisis secara tematik. Lokasi penelitian berada di Politeknik Negeri Media Kreatif, dengan objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis web yang efektif dapat meningkatkan literasi digital dan keterampilan bahasa secara bersamaan, dengan keberhasilan didasarkan pada desain kolaboratif dan kontekstual. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan model kurikulum berbasis integrasi bahasa dan teknologi yang adaptif.

Diterbitkan
2025-11-30