Analisis Hasil Tes Akhir Pembelajaran Statistika pada Materi Pemusatan dan Penyajian Data Berbasis HOTS pada Siswa Kelas XI Matlanko SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil Tes Akhir pada materi pemusatan, penyebaran, dan penyajian data pada siswa kelas XI Matlanko SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Tes Akhir dirancang untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran (TP) serta kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) melalui butir soal yang mencakup kemampuan menghitung ukuran pemusatan (mean, median, modus) dan menyajikan data dalam bentuk tabel maupun diagram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penskoran nilai individu per butir soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas instrumen Tes Akhir dinyatakan baik berdasarkan validitas isi, reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tingkat kesukaran yang proporsional. Rerata nilai kelas pada Tes Akhir meningkat signifikan dibandingkan dengan tes awal, menandakan adanya perkembangan kemampuan kognitif siswa terhadap materi statistika. Kategori nilai menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori sedang untuk TAPI, sedangkan pada indikator HOTS terjadi peningkatan jumlah siswa pada kategori tinggi. Secara Keseluruhan, pembelajaran yang diterapkan terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan
kemampuan berpikir analitis dan interpretatif siswa, terutama dalam mengolah data dan menarik kesimpulan dari informasi yang disajikan. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan evaluasi berbasis HOTS dalam pembelajaran matematika agar siswa tidak hanya menguasai prosedur perhitungan, tetapi juga mampu berpikir kritis dalam konteks pemecahan masalah.
Kata kunci: HOTS, TES AWAL, TES AHIR, EVALUASI

