IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR

  • Indah Peronika Siahaan Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Eksaulina Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Ira Lasmaida Nadeak Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Lukita Putri Mawarni Sipayung Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Nurul Aini Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Anisa Dhea Kusmita Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Ritter Harald Panjaitan Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
  • Sanggam Siahaan Universitas HKBP Nommensen P. Siantar
Kata Kunci: Problem-Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, SMA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas X-3 SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan kuesioner motivasi belajar yang terdiri dari 15 pernyataan skala Likert. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 82.1%. Siswa mampu memahami masalah, menentukan strategi penyelesaian, mengolah informasi, serta menyusun solusi secara logis dan sistematis. Motivasi belajar siswa juga berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 82.5%. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme, minat, ketekunan, serta kepercayaan diri dalam proses pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta memperkuat kemandirian belajar.
Dengan demikian, model Problem-Based Learning dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada jenjang SMA.
Kata Kunci: Problem-Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar, SMA.

Diterbitkan
2025-11-30