MODEL KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 9 JAKARTA

  • Meutia Hadi Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI
  • Rilla Sovitriana Sovitriana Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua dengan
kemandirian belajar pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. Penelitian menggunakan metode
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebanyak
136 siswa. Pengambilan data menggunakan skala Likert terdiri dari skala kemandirian belajar, skala motivasi
belajar, dan skala dukungan sosial orangtua dengan menggunakan program SPSS 22.00 for windows. Hasil
analisis teknik bivariate correlation menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan arah positif antara
motivasi belajar dengan kemandirian belajar dimana koefisien korelasi (rx1y) = 0,385 serta adanya hubungan
yang signifikan dengan arah positif antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar dimana
koefisien korelasi (rx2y) = 0,202. Selanjutnya uji hipotesis teknik multivariate correlation menunjukkan ada
hubungan yang signifikan dengan arah positif antara motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua dengan
kemandirian belajar dengan R sebesar 0,416. Sumbangan efektif antara motivasi belajar dan dukungan sosial
orangtua dengan kemandirian belajar sebesar 17,3% sedangkan 82,7% merupakan sumbangan dari faktor lain
yang tidak diteliti.

Diterbitkan
2019-11-14