EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG

  • Afif Rahman Riyanda
  • Kartini Herlina
  • B. Anggit Wicaksono
Kata Kunci: sistem pembelajaran daring, CIPP Model

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan program sistem pembelajaran daring
menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Jenis data yaitu data primer yang didapat dari Dosen PMIPA FKIP dan
mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat pencapaian program sistem
pembelajaran daring pada komponen context memperoleh skor rata-rata 4,145
(82,91%) digolongkan dalam kategori baik; komponen input memperoleh skor ratarata
4,302 (86,04%) digolongkan dalam kategori baik; komponen process
memperoleh skor rata-rata 3,838 (76,76%) digolongkan dalam kategori cukup; dan
komponen product yang memperoleh skor rata-rata 4,107 (82,13%) digolongkan
dalam kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program sistem
pembelajaran daring dilingkungan PMIPA FKIP Unila secara keseluruhan sudah
lumayan baik sehingga bisa tetap dilanjutkan.

Diterbitkan
2019-11-14