STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING HOTEL BUDGET DI AREA KEMANG - JAKARTA SELATAN

  • Haryo Wicaksono
  • Dino Leonandri

Abstrak

Pesatnya pertumbuhan bisnis hotel telah menghasilkan tingkat persaingan yang tinggi antara
hotel. Hotel murah adalah pilihan dalam memperjuangkan persaingan bisnis. Analisis dalam
penelitian ini menggambarkan faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi
penentuan strategi bisnis manajemen hotel murah. Kemampuan strategis yang digunakan oleh
budget hotel dalam meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan antara budget hotel
di area Kemang Jakarta Selatan. Tahapan penelitian; dengan pengamatan awal melalui
perbandingan dari empat hotel melati yang ada di Area Kemang, hotel "F" dipilih, karena
keunggulannya dalam penjualan dan hunian. Kemudian melalui pendekatan SWOT
dikombinasikan dengan analisis EFAS dan IFAS. Hasil penelitian; memperoleh skor untuk
EFAS, Peluang (Opportunity) = 1.55; Ancaman (Ancaman) = 0,9; sedangkan skor untuk IFAS,
Strength (Strength) = 1.80 Weakness = -0.5.

Diterbitkan
2019-11-14