EFIKASI DIRI YANG POSITIF SANGAT BERPERAN PENTING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA

  • RINDI ASTIKA YULIANA FAKULTAS PSIKOLOGI,UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
  • RAHMA WIDYAN FAKULTAS PSIKOLOGI,UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan efikasi diri yang positif dan dapat
berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode
skala, observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018
yang sedang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris sejumlah 50 mahasiswa di salah satu
perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada dampak
positif antara efikasi diri yang positif dan dapatt berperan penting dalam meningkatkan motivasi
belajar Bahasa Inggris Mahasiswa.

Diterbitkan
2019-11-14