STRATEGI KOMUNIKASI DITJEN PPKL KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM PENGENDALIAN SAMPAH PLASTIK

  • Agustrijanto Agustrijanto Program Studi Ilmu Komunikasi, KALBIS Institute, Jakarta
  • Dyah Kusumawati Program Studi Ilmu Komunikasi, KALBIS Institute, Jakarta
Kata Kunci: komunikasi, strategi, promosi,

Abstrak

Pengelolaan dan pengendalian sampah plastik merupakan kebijakan Ditjen
PPKL KLHK RI dan telah dilaksanakan cukup lama namun masih belum
memperlihatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu diperlukan serangkaian
program pengendalian sampah yang giat untuk dipromosikan. Penelitian ini
bertujuan secara spesifik mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi Ditjen
PPKL dalam mempromosikan program pengendalian dan pengelolaan sampah.
Penelitian ini menggunakan konsep perencanaan komunikasi ACADA
Assessment , Communication, Analysis, Design, and Action. Pendekatan yang
digunakan adalah kualitatif dengan penelitian metode studi kasus. Subyek dalam
penelitian ini adalah Ditjen PPKL yang mengembangkan strategi komunikasi
untuk mempromosikan program pengelolaan dan pengendalian sampah. Hasil
penelitian menunjukakn bahwa usaha mempromosikan program pengendalian dan
pengelolaan sampah Ditjen PPKL memerlukan keberlanjutan.

Diterbitkan
2019-11-15