HUBUNGAN ANTARA TRAIT CONSCIENTIOUSNESS DAN KONSEP DIRI DENGAN STRES AKADEMIK SISWA IPA SMA X TAMBUN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara trait conscientiousness dan
konsep diri dengan stres akademik menggunakan metode kuantitatif. Subyek pada
penelitian ini merupakan siswa IPA SMA X Tambun dengan jumlah 140 sampel
menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling.
Analisis data menggunakan korelasi bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan
yang negatif antara trait conscientiousness dengan stres akademik dengan r = - 0,507 dan
p = 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan stres
akademik r = - 0,376 dan p = 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis korelasi multivariat
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara trait conscientiousness
dan konsep diri dengan stres akademik dengan R = 0,529 dan p = 0,000 < 0,05 dan
diketahui koefisien determinasi R Square sebesar 0,280. Hal ini berarti sumbangan efektif
trait conscientiousness dan konsep diri pada stres akademik sebesar 28%, sedangkan 72%
merupakan sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.