Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa

  • Apriadi Apriadi
  • Muammar Khadafie
Kata Kunci: Lembaga Pendidikan, Pencegahan, Penanggulangan, Kekerasan, Educational institutions, prevention, reduction, violence

Abstrak

Tingginya angka kekerasan anak di kabupaten Sumbawa empat tahun terakhir (2016-2019) harusnya
mendorong pemerintah daerah, masyarakat dan termasuk lembaga pendidikan untuk memberikan perhatian
khusus. Berdasarkan data KPAI, pada tahun 2018 kekerasan anak di lingkungan sekolah meningkat secara
signifikan, terutama kasus kekerasan fisik dan kekerasan seksual mencapai 51.20%. Sementara itu, peraturan
tentang pencegahan dan penanggulangan tindakan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan telah
ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015. Maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran lembaga pendidikan dalam pencegahan dan penanggulangan tindakan
kekerasan di lingkungan pendidikan, dengan studi kasus sekolah menengah pertama dan sekolah menengah
atas di kabupaten Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif,
metode ini menitikberatkan pada penelitian secara mendalam untuk melihat peran lembaga pendidikan dalam
pencegahan dan penanggulangan tindakan kekerasan di lingkungan Pendidikan. Hasil penelitian ini adalah
lembaga pendidikan kurang berperan aktif melakukan pencegahan dan penanggulangan tindakan kekerasan
di lingkungan sekolah, salah satu kegiatan yang rutin dilakukan tiap sekolah adalah kegiatan IMTAQ.
Disamping itu, sekolah ramah anak dan pemenuhan hak anak untuk mewujudkan sekolah ramah anak
sepenuhnya belum dipahami oleh Lembaga Pendidikan di kabupaten Sumbawa sehingga implementasi
sekolah ramah anak masih belum tercapai.

Diterbitkan
2020-11-09