Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Dengan Perilaku Menyontek Saat Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas Xii Sman 8 Bekasi
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hubungan Kepercayaan
diri dan kecemasan dengan perilaku menyontek saat ujian nasional pada siswa kelas XII SMAN 8
Bekasi, Subyek pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII SMAN 8 Bekasi sebanyak 191 siswa
sebagai sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling .
Penelitian ini menggunakan 3 skala, yaitu: skala Perilaku Menyontek, skala Kepercayaan Diri, dan skala
HARS untuk mengukur kecemasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Menyontek di SMAN 8 Bekasi dengan r = 0,750
dan p = 0,000 <0,05. Ada hubungan yang signifikan dukungan Kecemasan dengan Perilaku Menyontek
r = 0,627 dan p = 0,000 <0,05. Ada hubungan yang signifikan Kepercayaan Diri dan Kecemasan dengan
Perilaku Menyontek R = 0,762 dan p = 0,000<0,05. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa
semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah perilaku menyontek begitupun sebaliknya,
semakin rendah kepercayaan diri maka semakin tinggi perilaku menyontek, lalu jika semakin rendah
kecemasan maka akan semakin rendah perilaku menyontek, begitupu sebaliknya semakin tinggi
kecemasan maka semakin tinggi pula perilaku menyontek