Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang

  • Ratih Ayu Wulandari
  • Asih Rosnaningsih
Kata Kunci: Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran, Writing Skills, Learning Models

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan keterampilan produktif yang memerlukan ketelitian dan
ketekunan. Tidak jarang dalam proses pembelajaran menulis, siswa merasa kesulitan dalam
mempelajarinya. Experiential Learning adalah metode pembelajaran yang berpusat pada siswa
yang menekankan pada pengalaman proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Experiential Learning terhadap
keterampilan menulis bahasa Inggris mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode quasi-experimental design. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes menulis karangan descriptive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
hasil pretest t-hitung 2,319 > t-tabel 2,000 atau H1 diterima, yaitu terdapat perbedaan
keterampilan menulis di antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) hasil posttest t-hitung
2,319 > t-tabel 2,000 atau H1 diterima, yaitu terdapat perbedaan keterampilan menulis di antara
kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan model pembelajaran Experiential Learning.
Dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Experiential Learning, mahasiswa dapat
memperoleh hasil menulis yang maksimal karena dengan model pembelajaran ini mahasiswa
dapat melakukan refleksi dengan pengamalan yang mereka miliki selama proses pembelajaran
menulis.

Diterbitkan
2020-11-09