Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Kebangsaan: Suatu Strategi dalam Menangkal Radikalisme di Persekolahan
Abstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi serta dampak program tot nilai-nilai
kebangsaan lemhannas ri yang ditujukan untuk guru dan dosen di provinsi jawa
barat. Berbagai hasil penelitian banyak menjelaskan mengenai perkembangan
radikalisme dalam dunia persekolahan di jawa barat. Melalui internalisasi nilainilai kebangsaan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik menjadi suatu
strategi yang efektif sekaligus sebagai model penangkalan radikalisme di
persekolahan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Wawancara dan observasi dipilih sebagai teknik pengumpulan data
guna mendapatkan hasil yang mendalam. Hasil dari penelitian ini bahwa para
guru yang merupakan alumni tot nilai-nilai kebangsaan lemhannas ri secara
umum ikut serta mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran
melalui metode yang bervariatif sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Terdapat perbedaan cara atau metode dalam melakukan integrasi materi nilainilai kebangsaan ke dalam materi pelajaran, namun respon yang diberikan oleh
peserta didik sangat antusias