Strategi Konten Instagram untuk Edukasi Pola Minum Kopi yang Sehat pada Usia Muda

  • Muhammad Alvian Hasby
  • Erik Armayuda
  • Bayyinah Nurrul Haq
Kata Kunci: media edukasi, media sosial, kopi, instagram, microblog, educational media, social media, coffe

Abstrak

Berdasarkan survei yang dilakukan penulis pada 2020, intensitas minum kopi pada usia muda
cukup tinggi. Mereka rata-rata mengonsumsi 1-3 gelas kopi per hari. Salah satu penyebabnya
adalah kurangnya informasi bahaya minum kopi berlebihan. Oleh karena itu, perlu dirancang
media edukasi mengenai bahaya minum kopi berlebihan yang menjangkau audiens usia muda.
Perancangan media edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pola minum
kopi yang sehat. Penelitian pendahuluan dilakukan melalui metode survei dan studi literatur.
Platform media sosial yang digunakan adalah Instagram dengan konsep microblog. Target
audiens yang dituju berusia antara 20 30 tahun dan berada di wilayah Jabodetabek yang suka
berinteraksi lewat media sosial. Desain media secara visual menampilkan kesan hangat, nyaman
dan enak diwujudkan melalui warna , elemen visual berupa foto dan vector. Desain secara verbal
(how to Say) melalui bahasa yang ringan dan membawa suasana santai,nyaman,dan akrab.
Strategi penyampaian secara verbal menggunakan bahasa ringan, santai, dan akrab. Informasi
disampaikan secara bertahap dan variatif, yaitu : fakta mengenai kopi, risiko berbahaya minum
kopi berlebihan dan pola minum kopi yang sehat. Manajemen konten terkait platform melalui
penggunaan hashtag yang trending dan relevan, pengaturan posting yang mengacu pada siklus
edukasi menghasilkan jadwal posting konten yang terbagi kedalam beberapa edisi untuk satu
bulan.

Diterbitkan
2020-11-09