Gambaran Iklim Pelayanan Pada Karyawan Rumah Sakit X Di Jakarta Barat

  • Miranda Miranda
  • Petrayuna Dian Omega
Kata Kunci: Iklim pelayanan, Pelayanan, Persepsi karyawan, Service climate, Service, Employee perception

Abstrak

Persepsi karyawan merupakan bagian dasar dari iklim pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui gambaran iklim pelayanan yang dipersepsikan oleh karyawan di Rumah Sakit X Jakarta Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen
penelitian berupa kuesioner. Kuesioner yang digunakan merupakan Skala Iklim Pelayanan dari Scheinder
(2002) yang telah dikembangkan oleh Carrasco (2012). Kuesioner terdiri dari 16 butir pernyataan. Partisipan
dalam penelitian ini adalah karyawan medis di Rumah Sakit X Jakarta Barat yang berjumlah 118 orang.
Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan iklim pelayanan di
Rumah Sakit X Jakarta Barat tergolong tinggi dengan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 44,12. Implikasi
dari penelitian ini adalah iklim pelayanan memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja karyawan
dalam memberikan pelayanan

Diterbitkan
2020-11-09