Hubungan Trait Kepribadian dan Impulse Buying pada Pengguna E-Commerce “X”

  • Sheryl Natasha Permana
  • Ira Adelina
Kata Kunci: Impulse Buying, Big Five, Trait Kepribadian, Perempuan, E-commerce

Abstrak

Peran faktor intrinsik khususnya kepribadian pada perilaku pembelian impulsif dalam melakukan
transaksi online masih belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
trait kepribadian dengan impulse buying pada perempuan emerging adulthood pengguna e-commerce X
di Kota Bandung. Terdapat 320 perempuan emerging adulthood yang berpartisipasi di dalam penelitian ini
yang dipilih berdasarkan teknik accidental sampling. Penelitian ini menemukan bahwa trait
conscientiousness (r = -0,223) dan trait neuroticism (r = 0,326) memiliki hubungan dengan pembelian
impulsif yang tergolong lemah. Sedangkan trait openness to experience, extraversion, dan agreeableness
tidak berkorelasi secara signifikan dengan pembelian impulsif. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat
hubungan negatif yang signifikan antara trait conscientiousness dan impulse buying. Sedangkan trait
neuroticism memiliki hubungan positif yang signifikan dengan impulse buying

Diterbitkan
2020-11-09