STRESS PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI PANDEMIC COVID-19 MASA NEW NORMAL DI JAKARTA

  • Vania Carolina Hapsari
  • Rilla Sovitriana
  • Agus Djoko Santosa
Kata Kunci: stres, strategi, coping, covid-19, ojol

Abstrak

Ojek online pada beberapa tahun terakhir telah berkembang menjadi lapangan pekerjaan baru
bagi banyak orang. Dengan bergabung menjadi driver ojek online, masyarakat dapat
memperoleh penghasilan tambahan dengan tidak terikat waktu bekerja. Di masa pandemic covid19, pengemudi ojek online terkena dampak yang cukup besar diakibatkan berkurangnya
pengguna ojek online, yang menyebabkan banyak pengemudi ojek online kesulitan ekonomi dan
berdampak pada kesejahteraan hidup dan menimbulkan stress. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan antara strategi coping terhadap stress pada pengemudi ojek online di
pandemic covid-19 masa new normal di Jakarta. Penelitian ini menggunakan instrumen skala
DASS dan skala The Ways of Coping Questionnaire (WCQ). Hipotesis diuji menggunakan
bivariate correlations Kendall's tau-b. Dari uji korelasi antara strategi coping dengan stress
diperoleh hasil koefisien korelasi r = 0,215 dengan p = 0,000 p < 0,05. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif (searah) antara variabel Strategi Coping
dengan Stres

Diterbitkan
2020-11-09