HUBUNGAN ANTARA SERVICESCAPE DENGAN KEPUASAN PELANGGAN KLUB

  • Evi Nilawati
Kata Kunci: servicescape dan kepuasan pelanggan, servicescape and customer satisfaction

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Servicescape dengan
kepuasan pelanggan Klub X2. Metode penelitian menggunakan survei dengan
pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah pengunjung yang datang ke
klub X2 setiap tahun + 5000 pengunjung, dan pengambilan sampel dilakukan
dengan cara perhitungan Slovin, sehingga total sampel dalam penelitian ini
sejumlah 100 orang.
Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistika yaitu analisis korelasi
sederhana dan menguji hipotesis, dimana hasilnya diketahui bahwa nilai koef
korelasi (r) sebesar 0,702 atau terdapat hubungan yang kuat antara servicescape
dengan kepuasan pelanggan, sedangkan kontribusi variabel servicescape sebesar
49,3% kepada kepuasan pelanggan, sisanya 51,7% dikontribusi variabel lain yang
tidak diteliti. Sedangkan hasil uji hipotesis menyatakan nilai t hitung sebesar
9.7771 atau lebih besar dari t tabel 1,677. Kesimpulan menyatakan hubungan
antara Servicescape dengan kepuasan pelanggan klub X2 adalah signifikan.
Disarankan servicescape di klub X2 tetap ditingkatkan dalam menghadapi
persaingan dengan industri hiburan lainnya sehingga pelanggan merasa puas.

Diterbitkan
2020-11-09