Dampak Kecerdasan Emosi Terhadap Kualitas Pengambilan Keputusan Pemimpin Dan Efektivitas Sekolah Di Indonesia
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menguji aspek-aspek kecerdasan emosi yang paling dominan
berpengaruh terhadap kualitas pengambilan keputusan pemimpin pendidikan yang selanjutnya
berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di Indonesia. Data diambil dengan kuesioner yang diikuti
oleh pendidik (guru dan kepala sekolah) sejumlah 104 pendidik terdiri dari 83 orang guru dan 21
kepala sekolah. Pengolahan data dikerjalam dengan SmartPLS, dan hasilnya menunjukkan
bahwa aspek kesadaran diri (kesadaran emosional, introspeksi diri, percaya diri), regulasi
diri (kontrol diri, kepercayaan, hati nurani, kemampuan beradaptasi dan inovatif),
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pengambilan keputusan sebesar 0.538. Hasil
penelitian ini merekomendasikan agar sekolah sangat memperhatikan dan menomorsatukan
kesadaran diri dan regulasi diri sebagai aspek kecerdasan emosi untuk meningkatkan kualitas
pengambilan keputusan dan efeknya pada efektivitas sekolah.