Building the Trust for The Tourism Destination Resiliency in New Normal Society (The Role Of Wellness Tourism System)

  • Ratih Pratiwi
  • Rizky Rama
  • Nofita Sulistiyanti
Kata Kunci: wellness tourism, kepercayaan publik, kreativitas, public trust, creativity

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengeksploitasi situasi yang diakibatkan oleh krisis
pandemi COVID-19 terhadap industri pariwisata. Turunnya kepercayaan
wisatawan baik mancanegara maupun domestik menyebabkan terpuruknya industri
wisata dan rantai efeknya. Konsep wellness tourism dinilai menjadi salah satu
langkah yang bisa dipersiapkan oleh destinasi wisata dengan mengintegrasikan
konsep pelayanan pariwisata dengan konsep tetirah dan pelayanan kesehatan
selama perjalanan wisata yang memberikan efek keamanan pengunjung akan
intaian virus Covid-19. Selain memberikan dampak dalam sisi ekonomi bagi
masyarakat wellness tourism juga memberikan dampak psikologis yang kuat bagi
wisatawan. Kreatifitas meramu paket wisata dan lingkage sectoral pendukung
wisata dengan konsep kekinian yang sesuai dengan kenormalan baru akan menjadi
kunci dalam suksesnya meraih kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan
perjalanan wisata dengan menerapkan health protocol

Diterbitkan
2020-11-10