Internal Locus of Control dan Konsep Diri Hubungannya dengan Kematangan Karir Siswa SMA X Bekasi
Abstrak
Siswa yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat akhir
dihadapkan banyak peran baru antara lain pemilihan karir. Masalah yang dihadapi siswa SMA pada tahap ini
adalah kurangnya kompetensi informasional dan sulitnya membuat pilihan karir. Pandemi Covid 19 yang terjadi
di Indonesia juga memberikan dampak bagi siswa dalam persiapan membuat keputusan karir. Pemilihan karir
tidak hanya disesuaikan dengan minat dan bakat, melainkan juga mempertimbangkan kembali dampak
perubahan akibat pandemi secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internal locus of control dan
konsep diri hubungannya dengan kematangan karir siswa kelas 12 SMA X Bekasi. Seluruh populasi menjadi
sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 166 siswa, dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Adapun
metode pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari angket kematangan karir, internal locus of
control dan konsep diri. Analisis data menggunakan bivariate correlation untuk mengukur korelasi variabel
internal locus of control dengan kematangan karir dan variabel konsep diri dengan kematangan karir, sedangkan
multivariate correlation untuk mengukur korelasi variabel internal locus of control dan konsep diri dengan
kematangan karir. Hasil penelitian menunjukan internal locus of control berkorelasi signifikan positif dengan
kematangan karir siswa kelas 12 SMA X Bekasi, dan konsep diri juga berkorelasi signifikan positif dengan
kematangan karir siswa kelas 12 SMA X Bekasi. Selanjutnya, internal locus of control dan konsep diri
keduanya berkorelasi signifikan positif dengan kematangan karir siswa kelas 12 SMA X Bekasi