Deteksi Dini Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar Melalui Nijmeegse Schoolbekwaamheiid Test (Nst) Dan Children Personal Matrix Test (Cpm) (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Anak Tk Yang Akan Memasuki Sekolah Dasar) Di Tk Ar-Rahmah, Cilendek Bogor Barat

  • Tanti Susilarini
Kata Kunci: Kesiapan Sekolah, Tes NST, Tes CPM, School Readiness, NST Test, CPM Test

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan kesiapan anak masuk Sekolah Dasar
ditinjau berdasarkan hasil test N.S.T (Nijmeegse SchoolbekwaamheidsTest). Pendekatan yang
dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam hal ini adalah
Siswa Taman Kanak-kanak TK-IT Ar-Rahmah yang akan memasuki Sekolah Dasar Di kota Bogor.
Subyek penelitian berjumlah 18 siswa yang akan memasuki dunia sekolah. Alat ukur yang dipergunakan
dalam penelitian ini menggunakan Alat Test Psikologi Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (N.S.T),
Children Personal Matrix (CPM) dan menggunakan Teknik Observasi. Analisis data dilakukan secara
kuantitatif dengan Teknik Statistic Sederhana. Hasil Analisis Data menggunakan NST didapatkan hasil
33,3% dinyatakan memiliki kesiapan yang maksimal yaitu Sangat Siap Sekolah (Skala NST) dan 16.7%
berada pada kategori Siap Sekolah (Skala NST). Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan tes
CPM menunjukkan dari 18 siswa terlihat bahwa secara kapasitas intelektual, 27,8% berada pada kategori
Intelectual very Superior/sangat cerdas, 55,5% berada pada kategori Superior/cerdas dan 16,7% berada
pada kategori average/rata-rata .

Diterbitkan
2020-11-10