Literasi Media Digital Pada Kampanye Greenpeace Id Di Media Sosial Instagram Dalam Merubah Perilaku Masyarakat

  • Siti Maryam
  • Pandu Prasetyo
  • Vina Mahdalena
Kata Kunci: Literasi media digital, kampanye, perubahan perilaku, Digital media literacy, campaigns, behavior change

Abstrak

Greenpeace Id merupakan organisasi non pemerintah bergerak di bidang lingkungan sebagai
perwakilan organisasi internasional Greenpeace di Indonesia. Greenpeace Id melakukan
kampanye diInstagram sebagai sarana dari kampanye yang dilakukannya. Kampanye yang
dilakukan di Instagram diikuti oleh literasi media digital. Hal tersebut dikarenakan literasi media
digital yang dimiliki masyarakat terhadap kampanye yang dilakukan oleh Greenpeace Id di
Instagram dapat tersampaikan dengan baik dan memberikan efek dalam perubahan perilaku yang
ditimbulkan. Pendekatan kualitatif. Hasil penelitian,: keempat informan sebagai followers
Greenpeace Id memahami kemampuan literasi media digital, telah memahami dalam kemampuan
play, simulation, performance, collective intelligence, dalam judgement dan networking dua dari
empat informan belum memiliki kemampuan judgement dan networking. Berdasarkan konten dan
postingan akun Instagram Greenpeace Id mampu memberikan respons yaitu perubahan perilaku
pada masyarakat terkait dengan tindakan menjaga kelestarian lingkungan. Diperlukan akun-akun
seperti Greenpeace Id agar mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat.
Kata Kunci: Literasi media digital, kampanye, perubahan perilaku

Diterbitkan
2020-11-10