Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi
akademik pada siswa kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Pada penelitian ini prokrastinasi akademik merupakan
variabel terikat, kontrol diri merupakan variabel bebas 1, dan efikasi diri merupakan variabel bebas 2. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik sampling jenuh dan sampel yang digunakan berjumlah 67 siswa. Instrumen ukur yang
digunakan adalah skala prokrastinasi akademik, skala kontrol diri, dan skala efikasi diri. Hasil uji analisis bivariate
correlation menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dengan
koefisien korelasi sebesar r = -0,759 dan terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik
dengan koefisien korelasi sebesar r = -0,663. Sedangkan hasil uji analisis multivariate correlation menunjukan
terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dengan
koefisien korelasi ganda sebesar R = 0,779. Berdasarkan hasil uji regresi dengan metode stepwise menunjukan bahwa
variabel kontrol diri dan efikasi diri berkontribusi sebesar 60,7% terhadap variabel prokrastinasi akademik dengan
kontribusi dominan sebesar 57,7% yang berasal dari variabel kontrol diri.