Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Abstrak
Tantangan di era globalisasi saat ini adalah era society 5.0 dimana masyarakat dihadapkan dengan
teknologi yang memungkinkan pengaksesan dalam ruang maya yang terasa seperti ruang fisik. Hal ini
berkaitan pada bidang pendidikan yang menyinkronkan pendidikan dan industri dalam penggunaan
teknologi sebagai alat kegiatan belajar mengajar. Menyikapi hal tersebut, maka terdapat beberapa aspek
keterampilan yang harus dikuasai peserta didik salah satunya kemampuan berpikir kritis. Pemenuhan
capaian kemampuan berpikir kritis oleh peserta didik diantaranya dipengaruhi oleh model pembelajaran
guided discovery learning berbasis e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
model guided discovery learning berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada
materi pokok ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental
research) dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen (nonequivalent control group design).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided discovery learning berbasis
e-learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok ekosistem.