Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Pembimbingan Akademik
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahagaimana persepsi mahasiswa terhadap
efektivitas pembimbingan akademik (PA). Metode penelitian yang digunakan adalah
one shot case study. Data diambil menggunakan survey terkait persepsi, kemudian
dianalisis kuantitatif dengan teknik persentase. Subjek berjumlah 102 mahasiswa yang
bersedia mengikuti penelitian.Hasil penelitian yakni 40,2% subjek merasa efektif.
Proses pembimbingan akademik yang dilakukan selama ini 93,1% pada umumnya yakni
diketahui berfungsi saat untuk berkonsultasi saat KRSan, serta 20,6% subjek yang
berkonsultasi terkait permasalahan pribadi (non akademik).Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa mahasiswa Fakultas X Makassar mempersepsikan peran
pembimbingan PA cenderung kepada pembimbingan akademik, serta belum
dipersepsikan sebagai pembimbingan non akademik