ANALISIS PENGARUH KEMENARIKAN DESAIN WEBSITE, KEPERCAYAAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE JASA AQIQAH
Abstract
Fenomena peningkatan penjualan yang dialami sahabat aqiqah ketika merubah pemasaran dari tradisional mendapat 2030
ekor
kambing
atau
domba
yang
terjual
setiap
bulannya
ke
pemasaran
digital
mendapat
400-800
ekor
kambing
atau
domba
yang
terjual
dalam
setiap
bulannya.
Peningkatan
ini
disebabkan
oleh
berbagai
faktor.
Untuk
itulah
penelitian
ini
bertujuan
untuk
menganalisis
pengaruh
kemenarikan
desain
website,
kepercayaan,
dan
profesionalisme
terhadap
keputusan
pembelian
online
jasa aqiqah di sahabataqiqah.co.id. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menyebar kuesioner online
menggunakan Survey Monkey ke 100 konsumen sahabat aqiqah yang membeli melalui website. Dengan menggunakan uji
validasi, uji reliabilitas dan teknik analisis regresi berganda seperti uji f dan uji t serta koefisien determinasi yang dihitung
menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menemukan bahwa kemenarikan desain website berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian online jasa aqiqah. Kepercayaan memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan
pembelian online jasa aqiqah. Profesionalisme tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online jasa aqiqah.
Secara simultan ketiga faktor tersebut memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian online jasa aqiqah.