Rancang Bangun Dashboard Berbasis Website Untuk Monitoring Penjualan (Studi Kasus: Toko Kopi Gans Jakarta Timur)

  • Dika gusdianto Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ahmad Muhammad Thantawi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Dashboard, Monitoring, Penjualan, WDLC, Visualisasi

Abstract

Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi
dan efektivitas operasional bisnis, termasuk dalam pengelolaan penjualan pada kedai kopi. Penelitian
ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah dashboard berbasis website yang dapat
digunakan untuk memonitoring penjualan pada kedai kopi. Dashboard ini dikembangkan untuk
memberikan visualisasi data penjualan secara real-time, memungkinkan manajemen untuk mengakses
informasi penting seperti jumlah penjualan, produk terlaris, dan analisis tren penjualan. Pengembangan
dashboard ini menggunakan metode Web Development Life Cycle (WDLC) adalah metode yang
digunakan untuk pembuatan website. Metode WDLC memiliki beberapa tahapan, yaitu:
Planning, Analysis, Design and Development, dan Implementation and Maintenance.Hasil dari
penelitian ini adalah sebuah dashboard yang responsif, user-friendly, dan dapat diakses dari berbagai
perangkat, yang mampu menyajikan informasi secara cepat dan akurat. Dengan adanya dashboard ini,
diharapkan dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang lebih tepat berdasarkan data
yang ada, serta meningkatkan efisiensi operasional kedai kopi.

Published
2024-11-13