Choosing The Right Campaign Using AIDA Analysis for The Coffee Shop XYZ

  • Lorio Purnomo Binus University Jakarta, Indonesia
  • Eggy Herlambang Bina Nusantara University, Jakarta
  • Dotty Pertiwi Binus University Jakarta, Indonesia
  • Carola Basuki Binus University Jakarta, Indonesia
  • Tofik Tofik Binus University Jakarta, Indonesia
  • Shandra Widiyanti Binus University Jakarta, Indonesia
  • Nurina Nurina Universitas Persada Indonesia Y.A.I, Jakarta
Keywords: Pemasaran Digital; Analisis AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action); SMM (Pemasaran Media Sosial); SEO (Optimisasi Mesin Pencari)

Abstract

Perubahan perilaku dan kebiasaan konsumen yang sebelumnya cenderung membeli kopi secara langsung di lokasi Coffee Shop kini mengalami transformasi signifikan seiring dengan perkembangan era digitalisasi. Perubahan ini terutama terlihat pada proses pemesanan, di mana konsumen saat ini dapat dengan mudah mengetahui keberadaan coffee shop serta memperoleh rekomendasi terbaik melalui sistem aplikasi digital yang tersedia. Fenomena ini mendorong semakin banyak Coffee Shop bermunculan dan melakukan promosi untuk memperkenalkan merek masing-masing. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis melakukan observasi dan wawancara pada Coffee Shop XYZ, sebuah usaha yang baru berdiri dan sedang mencari strategi promosi yang efektif meskipun telah memanfaatkan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah memberikan rekomendasi metode promosi yang tepat melalui media sosial guna meningkatkan Brand Awareness Coffee Shop XYZ sehingga mampu menarik calon konsumen untuk mengenal produk yang ditawarkan. Sebelum merumuskan rekomendasi, penulis telah melakukan analisis menggunakan pendekatan metode AIDA

Published
2025-11-24
How to Cite
Purnomo, L., Herlambang, E., Pertiwi, D., Basuki, C., Tofik, T., Widiyanti, S., & Nurina, N. (2025). Choosing The Right Campaign Using AIDA Analysis for The Coffee Shop XYZ. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(3), 139-152. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/5837