APLIKASI MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERACTIVE MULTIMEDIA LEARNING PADA PAUD GARASI JAKARTA MENGGUNAKAN METODE MIMBA – AIUEO

  • Ahmad Rais Ruli
Keywords: PAUD, E-learning, biMBA-AIUEO, Multimedia, Aplikasi, Interactive

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal, Ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini, di antaranya: bayi (0-1 tahun), balita (2-3 tahun), kelompok bermain (3-6 tahun), dan sekolah dasar kelas awal (6-8 tahun). Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Metode biMBA-AIUEO adalah suatu metoda pengajaran , bimbingan dan latihan yang bertujuan untuk mengembangkan minat baca dan belajar anak secara intrinsic.Kurikulum biMBA-AIUEO terdiri dari Program dan Modul yang berisi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang diberikan secara bertahap sesuai dengan kompetensi anak demi meningkatkan minat baca dan belajarnya.,. Sistem yang akan dibangun nanti nya di terapkan di PAUD Garasi yang akan digunakan untuk biMBA-AIUEO yang diimplementasikan Interactive Multimedia Learning sehingga tercapai hasil yang diinginkan dalam penelitian ini

Published
2018-11-17