Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Landmark Negara-Negara ASEAN Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking

  • Siti Nazilah
  • Fajar Saepul Ramdhan
Kata Kunci: Landmark, ASEAN, MDLC, UML, Augmented Reality, Marker Based Tracking, Unity 3D

Abstrak

Landmark merupakan tempat atau bangunan yang menjadi ikon kota atau negara tersebut. ASEAN merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Terdapat permasalahan dalam pengenalan landmark negara-negara ASEAN antara lain pengenalan masih menggunakan buku manual, solusi yang tepat dalam permasalahan itu yaitu membuat suatu aplikasi tentang augmented reality dengan metode marker based tracking nantinya dapat menampilkan objek 3D terlihat nampak seperti nyata yang bertujuan untuk menghilangkan rasa jenuh pada siswa dalam belajar. Metode penelitian ini menggunakan Development Life Cycle (MDLC) antara lain concept, Design, Material Collection, Assembly dan Testing belum sampai ke tahap Distribution. Pada tahap design penulis menggunakan metoda perancangan terstruktur yaitu Unified Modelling Language (UML) yang meliputi Use Case, dan activity diagram, struktur navigasi dan storyboard. Aplikasi ini rancang dengan software Unity 3D Maka hasil perancanagan di atas di implementasikan ke dalam sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Landmark Negara-Negara ASEAN yang dapat menampilkan objek 3D nampak terlihat nyata yang dapat mempermudah dalam pengenalan landmark negara-negara ASEAN

Diterbitkan
2020-11-10