Pembangunan Aplikasi Mobile-Customer Relationship Management (M-CRM) Terintegrasi Pada UMKM

  • Supriyanto Supriyanto
  • Nina Setiyawati
Kata Kunci: Aplikasi Mobile, CRM, UMKM, QR-Code

Abstrak

Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu inti dari sebuah bisnis yang bertujuan untuk menciptakan dan memberikan nilai kepada pelanggan dengan cara meningkatkan hubungan kepada pelanggan yang dapat memberikan profit perusahaan. Seperti perusahaan pada umumnya, UMKM juga perlu beradaptasi dengan metode bisnis modern yang membuat UMKM mempunyai nilai jual lebih kepada pelanggan sehingga value chain yang kuat bisa terjalin. Salah satu inovasi yang dapat digunakan UMKM adalah dengan penerapan M-CRM (Mobile Customer Relationship Management). Pada penelitian ini, dibangun aplikasi CRM. Aplikasi CRM dibangun berbasis mobile dengan dilengkapi teknologi QR-Code untuk kemudahan penggunaan kode voucer. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi point of sales (POS), sehingga memudahkan UMKM dalam mengelola promo dan produk. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu UMKM dalam dalam meningkatkan pemasaran, mempertahankan pelanggan yang loyal, mempunyai daya saing dalam persaingan pasar UMKM, sehingga dapat meningkatkan profit bisnis secara keseluruhan.

Diterbitkan
2020-11-10