Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat Keras Komputer

  • Luthfinadya Damayanti Universitas Lampung
  • Wayan Suana Universitas Lampung
  • Afif Rahman Riyanda Universitas Lampung

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas media pembelajaran
interaktif berbasis Augmented Reality pengenalan perangkat keras (2) mengetahui
kemudahan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality
pengenalan perangkat keras. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Reaserch
and Development. Penelitian pengembangan media pembelajaran Augmented Reality
terdiri dari empat tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan. Hasil uji kevalidan
ahli media yang diujikan kepada 2 ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran
Augmented Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai Aikens V 0,857 dan kevalidan
ahli materi yang diujikan kepada 2 ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran
Augmented Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai Aikens V 0,968. Selanjutnya hasil
uji kemenarikan dan kemudahan yang diujikan kepada 30 peserta didik kelas X program
keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 7 Bandarlampung didapatkan hasil
skor kemenarikan 3,26 dengan kategori sangat menarik dan hasil kemudahan didapatkan
hasil skor 3,3 dengan kategori sangat menarik. Media pembelajaran Augmented Reality
yang dikembangkan perlu ada tindakan lebih lanjut untuk mengetahui kelayakan yang di
uji cobakan ke peserta didik untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran

Diterbitkan
2021-10-27