Membangun Aplikasi Gamylish Dengan Menerapkan Metode Gamification Untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris

  • Shafira Ayu Restu Anjani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Fahrul Nurzaman Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Sarana pembelajaran untuk menuntut ilmu terutama Bahasa Inggris tidak harus
dilaksanakan dalam bentuk kelas atau secara formal. Perubahan teknologi yang luar biasa,
berdampak pada perencanaan untuk membuka jalan baru dalam hal pendidikan. Maka
diperlukannya sebuah pengalaman belajar yang dapat menarik perhatian motivasi belajar siswa
salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi internet dengan penerapan metode
Gamification. Gamification merupakan suatu pendekatan yang dikembangkan untuk
meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dengan memasukkan elemen design game
pada konsep non game. Maka itu dikembangkan sebuah Aplikasi Gamylish yang merupakan
aplikasi berbasis web yang berguna untuk evaluasi pembelajaran bahasa Inggris untuk para siswa
dengan menerapkan metode Gamification. Berdasarkan hasil pengujian dari perhitungan akhir
kuesioner yang dilakukan terhadap 20 responden, didapatkan hasil uji coba sebesar 87,38% yang
membuktikan pengguna Sangat Setuju bahwa aplikasi Gamylish sudah memenuhi kriteria yang
mereka inginkan dan aplikasi ini telah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.
Dengan adanya pengembangan aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan
minat bagi siswa yang ingin mulai mempelajari bahasa Inggris serta mengembangkannya lebih
dalam lagi.

Diterbitkan
2021-10-27