PROTOTYPE GAMIFIKASI SITUS-SITUS WILAYAH DEPOK MENGGUNAKAN PERANGKAT MOBILE

  • Suhendi .
  • Ahmad Rio Adriansyah

Abstrak

Gamifikasi merupakan game edukasi yang memberikan pengaruh kepada pemakainya agar bisa mendapatkan nilai
pendidikan dan permainan. Gamifikasi sebagai alternatif untuk menarik user yang senang game untuk terpancing dalam
kegiatan belajar. Adanya game yang tidak mendidik menjadi latarbelakang dibuatnya prototype gamifikasi untuk mengenal
situs situs yang ada di wilayah Depok. Berdasarkan hasil analisa dari 11 kecamatan yang ada di Wilayah Depok terdapat
situs-situs sejarah pada periode klasik, periode Islam, periode kolonial dan periode kolonial. Hasil survey ke salah satu
kecamatan yang ada di Depok yaitu kecamatan Beji didapatkan banyak situs-stus sejarah yang kemudian di rancang kedalam
aplikasi game menggunakan Adobe Flash untuk dijadikan permainan yang mendidik. Hasil analisa perancangan sistem
menggunakan metode unified modelling language dengan pembahasan pada use case diagram dan diagram activity. Use
case untuk user terdapat aktifitas untuk memulai permainan dengan memilih wilayah yang akan dikunjungi untuk dilakukan
pemilihan lokasi dan akan berakhir dengan mendapatkan informasi. Activity diagram yang simpel berupa awal kegiatan
yang kemudian sistem akan menampilkan peta permainan dan diakhiri untuk keluar dari permainan. Desain dari gamifikasi
yang terdiri dari point sebagai hadiah setelah menghilangkan pengganggu, koin sebagai ciri-ciri adanya situs-situs diwilayah
yang sedang di kunjungi, informasi sebagai tampilan positif yang mendidik setelah memilih koin tersebut dan musuh yang
mempunyai peranan yang mengganggu untuk menghilangkan user dari permainan gamifikasi. Hasil dari analisa dan
pembahasan ternyata prototype ini dibuat sederhana agar mudah dipahami penggunaannyadan menjadikan gamifikasi situssitus
wilayah Depok sebagai bahan rujukan untuk game yang mendidik.

Diterbitkan
2018-07-01