Analisa Kepuasan Konsumen Pada Laundry Menggunakan Algoritma C4.5
Abstrak
Perkembangan usaha bisnis yang semakin pesat dibidang jasa dapat dilihat dengan banyaknya gerai usaha yang buka dalam satu lingkup. Meskipun banyak usaha yang sejenis, tetapi belum tentu usaha tersebut mempunyai banyak konsumen. Kepuasan konsumen merupakan kepuasan yang dirasakan konsumen ketika membeli dan menggunakan suatu produk atau jasa. Kepuasan konsumen sebagai mutu pelayanan. Peningkatan jumlah konsumen bisa dilakukan dengan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Ini adalah indikator penting dalam usaha yang menunjukkan seberapa baik layanan. Teknik yang digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen adalah mengunakan Teknik klasifikasi dengan menggunakan Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 ini merupakan suatu algoritma yang dapat membentuk suatu pohon keputusan ( Decision Tree). Pohon keputusan ini berfungsi dalam menemukan hubungan dalam menyelesaikan persoalan.Pengumpulan data sebanyak 200 data untuk diolah. Dapat dilihat bahwa hasil akurasi sebesar 88.00% dan sebanyak 141 data class pred ya dinyatakan sesuai dan masuk kedalam class true ya, sebanyak 9 data yang diprediksi class pred tidak ternyata masuk ke dalam class pred ya. Dan sebanyak 15 data yang diprediksi class pred ya ternyata masuk kedalam class true tidak, selanjutnya sebanyak 35 data diprediksi class pred tidak dinyatakan sesuai masuk kedalam class true tidak. Dapat disimpulkan bahwa ya dihasilkan karena kepuasan konsumen terhadap Laundry Bunda