Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Praja Vape Store Berbasis Sistem Pelayanan Booking Antrian Service

  • Dian Gustina Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Faza Azani Ashar Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Praja Vape Store merupakan sebuah toko Offline yang bergerak di bidang penjualan rokok elektrik
atau sering disebut Vape, selain itu Praja Vape Store juga meyediakan jasa Service Device Vape.
Pada saat ini antrian Service Vape di Praja Vape Store masih belum menggunakan sistem Booking
Service sehingga pada saat pengunjung ramai yang datang untuk melakukan Service Vape maka
harus menunggu cukup lama. Selain itu pada saat Device milik Customer telah diterima oleh pihak
Praja Vape Store untuk diperbaiki, Customer tidak mengetahui apakah Device milik mereka telah
selesai diperbaiki atau belum dan juga Customer tidak mengetahui Sparepart apa saja yang diganti
pada saat Service. Masalah tersebut dapat menyebabkan pelayanan yang diberikan oleh pihak Praja
Vape Store kepada para Customernya menjadi tidak baik sehingga Customer dapat merasa tidak
puas dengan pelayanan yang diberikan.
Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada Praja Vape Store adalah
dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) berbasis Booking antrian Service.
bedasarkan pada uraian tersebut maka penulis merancang Website Booking antrian Service, dalam
Website Booking antrian Service yang dirancang oleh penulis maka Customer dapat melakukan
Booking terlebih dahulu sebelum melakukan Service sehingga Customer tidak perlu menunggu lama
pada saat ingin melakukan Service dan juga Customer dapat mengetahui Status dari Device Vape
milik mereka yang sedang diperbaiki, Selain itu Customer dapat mengetahui Sparepart apa saja yang
digunakan untuk memperbaiki Device milik mereka.

Diterbitkan
2024-07-01