Penggunaan Apliksi Geogebra dan Minat Belajar Matematika pada Siswa SMKN 34 Jakarta

  • Essy Malays Sari Sakti Universitas Persada Indonesia YAI
  • Marnis Marnis Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Agus Herwanto Universitas Esa Unggul
Kata Kunci: Aplikasi Geogebra, Minat Siswa, Matematika

Abstrak

 

Pengabdiaan Masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen yang dapat dilakukan di luar kampus.
Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilaksanakan di SMK 34 Jakarta dengan tujuan untuk memberi
pencerahan pada siswa penggunaan Aplikasi Geogebra. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap minat belajar matematika pada Siswa SMKN 34 Jakarta , kelas XI
dengan jumlah 8 kelas dengan 4 prodi sedangkan data penelitian diambil secara acak dengan jumlah 20
siswa. Pendekatan dalam penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan regresi linier sebagai analisis
datanya, dan perangkat lunak dalam membantu perhitungan menggunakan aplikasi Ms. Excel. Sebelum
dianalisis pada kuesioner dengan 15 pertanyaan, data X dan Y dicek dengan menggunakan uji validitas
bivariat Pearson. dan menunjukkan nilai valid dengan besaran nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel dan
untuk uji reliabilitas alpha cronbach memperlihatkan nilai perhitungan lebih dari 0.77. Hasil analisis
menunjukan nilai signifikasi lebih besar dari 0.05 yang menyatakan tidak ada hubungan yang signifikan
antara penggunaan Aplikasi Geogbra dengan minat belajar Siswa di SMA 34 Jakarta.

Diterbitkan
2024-07-01