Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magnet (MANIAKNET) Untuk Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Berpikir Komputasional Dan Berpikir Kreatif Dengan Blok Programming

  • Erwinsyah Satria Universitas Bung Hatta
  • Erman Har PBio FKIP Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza PGSD FKIP Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Gusmaweti PBio FKIP Universitas Bung Hatta
  • Vita Nova Anwar PGSD FKIP Universitas Bung Hatta
Kata Kunci: media interaktif, magnet, pemograman, Scratch, berpikir komputasional, pemecahan masalah

Abstrak

Media pembelajaran yang interaktif sangat diperlukan untuk pembelajaran materi IPA ke
SD an agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Dengan adanya kemajuan teknologi pemograman
computer yang semakin canggih saat ini sangat memungkinkan digunakan mewujudkan media
pembelajaran yang berkualitas dan menarik perhatian siswa dalam belajar. Pengembangan media
interaktif salah satunya melalui pemograman Scratch dapat mewujudkan hal ini yang dapat
diakses dan dipelajari melalui adanya jaringan internet. Penelitian berfokus pada pengembangan
media interaktif materi Magnet menggunakan pemograman Scratch untuk membuat materi yang
disampaikan lebih menyenangkan untuk dipelajari siswa. Pengembangan media interaktif
menggunakan metode DDR melalui model ADDIE. Kegiatan observasi, wawancara, dan
Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data yang nantinya secara kuantitatif descriptive
dianalisis. Hasil penelitian pada proses analisis kebutuhan, validasi ahli, dan pengujian pada
mahasiswa membuktikan bahwa pengembangan media interaktif Magnet dengan pemograman
Scratch yang dibuat dapat menjadi alternative media yang cukup baik untuk digunakan dalam
penyampaian materi Magnet pada proses perkuliahan dalam meningkatkan pemahaman akan
materi.

Diterbitkan
2024-07-01