Game Edukasi Pembelajaran Metamorfosis Pada Hewan Berbasis Android (Studi Kasus : SDN KotaBaru 6)
Abstrak
Sebuah game edukasi berbasis android yang disebut "Metamorphosis" saya berusaha untuk membuat pembelajaran
tentang transformasi hewan menyenangkan bagi siswa SDN KotaBaru 6, terutama anak-anak antara usia 6 sampai 10
tahun. Siapa pun yang ingin memahami bagaimana hewan mengalami metamorfosis dapat menggunakan aplikasi ini.
Anak-anak dapat dengan mudah memanfaatkan aplikasi karena antarmuka pengguna dasarnya. Program ini memiliki
suara instruksional yang memberikan arahan dan deskripsi menyeluruh tentang berapa banyak spesies hewan, seperti
kupu-kupu, katak, dan belalang, mengalami metamorfosis. Katak, kupu-kupu, dan capung hanyalah beberapa dari
banyak spesies makhluk berbeda yang dapat ditemukan dalam game ini. Pengguna ditugaskan untuk mengidentifikasi
banyak tahap transformasi yang dilalui setiap spesies dengan memilih gambar yang mewakili tahap tersebut. Selain
itu, aplikasi ini menawarkan fungsi mini-game yang mencoba meningkatkan pemahaman pengguna tentang
metamorfosis. Hal ini bertujuan agar pengguna, terutama anak-anak, akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman
yang lebih dalam tentang makhluk-makhluk tersebut melalui pengalaman bermain aktivitas dalam program ini.
Program ini mudah diakses oleh banyak orang dan dapat diunduh secara gratis di sistem operasi Android. Hal ini
dimaksudkan agar dengan memainkan game edukasi tentang metamorfosis hewan ini, anak-anak akan belajar tentang
biologi dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Meningkatkan antusiasme anak-anak dalam belajar ilmu alam
adalah tujuan utama. Secara keseluruhan, game ini menawarkan pendekatan pendidikan yang menarik dan
menyenangkan untuk belajar tentang metamorfosis hewan. Hal ini bertujuan agar dengan menggunakan metode
interaktif, anak-anak akan menjadi lebih tertarik untuk belajar tentang ilmu alam.