PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN PELANGGAN DI COFFE SHOP BERBASIS WEB (STUDI KASUS KOPI TO’I (TEMPAT ORANG IKHTIAR))

  • Alfian Zuhdi Universitas Esa Unggul
  • Binastya Anggara Sekti Universitas Esa Unggul
  • Riya Widayanti Universitas Esa Unggul
  • Arief Ichwani Universitas Esa Unggul
  • Nizirwan Anwar Universitas Esa Unggul

Abstrak

Perkembangan teknologi telah meluas ke berbagai sektor, termasuk bisnis. Cafe merupakan tempat di
mana pengunjung dapat memesan berbagai makanan dan minuman sambil bersantai dan berbincang dengan
teman. Banyak cafe di Jakarta telah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses pelayanan. Web
adalah kumpulan informasi yang diakses melalui server web. Adanya media web telah memungkinkan setiap
orang untuk membuka bisnis online. Dalam konteks ini, coffee shop juga berpeluang menggunakan sistem
web untuk meningkatkan efisien pelayanan dan kemudahan dalam bisnis mereka, dalam penelitian ini
menggunakan metode prototype dalam metode ini ada 4 langkah yaitu analisis masalah, design,
implementasi, testing, dalam analisis masalah menggukankan analisis fishbone, analisis ini sangat cocok
dalam nganalisis masalah yang ada pada kopi To’i, analisis fishbone menggambarkan permasalah yang ada
dalam bentuk tulang ikan, hasil dan pembahasan yang di teliti dengan adanya aplikasi kasir berbasis website
pada Kopi To’i “Tempat orang ikhtiar” dapat memudahkan dalam penginputan secara online pesanan
customer sehingga tidak lagi menggunakan penginputan menu secara manual

Diterbitkan
2024-03-01