ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN (SERVICE QUALITY) FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

  • Novita Mariana
  • Rara Sriartati Redjeki
  • Purwatiningtyas Purwatiningtyas
Kata Kunci: SERVQUAL, Kuadran IPA, Customer Satisfaction Index

Abstrak

Tujuan dari peneitian ini adalah untuk melakukan analisa tingkat kepuasan mahasiswa
terhadap kualitas layanan di lingkungan Fakultas Technologi Informasi Universitas Stikubank
Semarang. Dari hasil observasi dan interview di dapatkan 5 variabel yaitu Dosen, BAAK,
Infrastruktur, Perkuliahan, dan Citra/Brand Image dimana item-item di masing-masing variabel
pengukuranya menggunakan dimensi SERQUAL. Sampel responden dipilih sebanyak 30
mahasiswa semester akhir yang sudah menyelesaikan skripsi. Instrument dinyatakan valid dengan
nilai KMO lebih besar dari nilai uji 0,5 dan reliabel dengan nilai Cronbrachs Alpha lebih besar
dari nilai uji 0,6 dengan menggunakan SPSS 19. Hasil nilai index kepuasan mahasiswa (Customer
Satisfaction Index) sebesar 78,4% yang berarti fakultas mampu memberikan kualitas layanan yang
memuaskan kepada para mahasiswa. Dari kuadran IPA didapatkan bahwa Infrastruktur dan
Perkuliahan berada pada kuadran II (Prioritas Prsetasi) dimana secara rata-rata variabel-variabel
tersebut dipersepsi sangat penting oleh mahasiswa dan fakultas telah melakukan tingkat
kinerja layanan sesuai dengan yang diharapkan mahasiswa

Diterbitkan
2020-11-09