Peranan Psychological Capital Karyawan Dalam Mendorong Ekspektasi Kinerja Perusahaan

  • Yunita Sari
  • Andika Yunianto
Kata Kunci: Psychological Capital, Ekspektasi Kinerja, Perusahaan, Karyawan

Abstrak

Pertumbuhan ekonomi dunia membuat persaingan dunia bisnis semakin ketat, sehingga
perusahaan harus memiliki capaian yang baik untuk mendapatkan keberhasilan dalam
dunia bisnis. Hal ini merupakan tantangan terbesar organisasi untuk tetap bertahan dan
menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi. Untuk itu perusahaan harus dapat
meningkatkan kemampuan maupun potensi karyawan. Upaya peningkatan kualitas dan
efektifitas karyawan perlu mendapatkan perhatian serius oleh perusahaan dengan
mengacu pada pekembangan teknologi informasi dan kesiapan sumber daya manusia.
Perilaku efektifitas kerja karyawan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh aturan dan
Standard Operational Procedure (SOP). Karyawan dengan tingkat ekspektasi kinerja
yang tinggi menunjukan sikap yang positif terhadap pekerjaannya, sebaliknya seseorang
yang tidak memiliki ekspektasi kinerja dengan pekerjaannya menunjukan sikap yang
negatif terhadap pekerjaan. Oleh sebab itu perusahaan diharapkan dapat memunculkan
psychological capital yang dapat mendorong ekpektasi kinerja karyawan, dimana
psychological capital mencerminkan kondisi psikologis yang positif. Dengan mengukur
keberhasilan penerapan peranan psychological capital karyawan dalam mendorong
ekspektasi kinerja perusahaan, maka mampu memunculkan kepercayaan diri karyawan
dalam menyelesaikan masalah dan keberhasilan dalam bekerja.

Diterbitkan
2020-11-09