Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Jenis - Jenis Tanaman Herbal Berbasis Android

  • Diana Agustina
  • Anis Mardianti
  • Rizqi Fahmi Farid Aziz
Kata Kunci: Augmented reality, tanaman herbal, media pembelajaraan, 2D

Abstrak

Perkembangan teknologi terutama dalam teknologi informasi khususnya
pemrosesan citra gambar digital saat ini telah berada pada tahap yang sangat
baik. Penerapan implementasi pemerosesan gambar digital telah merambah pada
beberapa implementasi salah satunya adalah Augmented reality. Dengan adanya
Augmented reality proses visualisasi dan penyampaian informasi dapat dilakukan
dengan lebih variatif dengan menggunakan media digital yang beranekaragam
salah satunya obyek 2 dimensi. Dalam bidang pendidikan, Agumented Reality
dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu media pembelajaran diantaranya dalam
pengenalan tanaman herbal. Tanaman herbal merupakan tumbuhan yang
mempunyai kegunaan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan. Mahasiswa
kesulitan memahami materi karena sulitnya dalam merepresentasikan objek,
khususnya pada tanaman herbal. Materi tanaman herbal lebih mudah untuk
dipahami apabila mahasiswa turun langsung ke lapangan untuk mencari tanaman
tersebut. Hal ini tentunya tidak dapat dilakukan pada saat jam kuliah di kelas.
Keberadaan obat-obatan kimia membuat obat tradisional tidak lagi banyak
diminati oleh sejumlah masyakarat. proses pembelajaran pada umumnya dapat
lebih mudah diterapkan dengan menggunakan bantuan teknologi yaitu
merancang media pembelajaran interakif augmented reality, karena mahasiswa
akan lebih tertarik dan lebih mudah memahami materi tanaman herbal yang
dilengkapi dengan sebua objek 2D melalui aplikasi berbasis android. Apliksi ini
dibuat dengan menggunakan software unity, vuforia sdk, coreldraw x7.

Diterbitkan
2020-11-09